Kembar itu Apa, sih?

Anak kembar (model Eva dan Evi)

Twinners, segala hal tentang anak kembar memang sering bikin penasaran. Mulai dari pengetahuan dasar dan standar semisal kenapa ada anak kembar yang mirip dan enggak, apa mereka selalu kepengin punya barang-barang kembar juga, dan banyak kekepoan lainnya. Apalagi buat yang punya gebetan anak kembar. Tiba-tiba aja rajin googling soal segala rupa dunia kembar, sampai tips mencari cara menyingkirkan kembaran gebetan biar enggak ganggu pas kencan XD


Kali ini TwiVers mau menyuguhkan  beberapa fakta dan dan hal unik tentang dunia kembar yang dihimpun dari berbagai sumber, check it out!

Ternyata bukan cuman faktor genetik yang bisa bikin terjadinya kehamilan kembar. Bisa juga karena obat penyubur yang dikonsumsi dengan tujuan supaya sel telur matang secara sempurna. Nah lo. Soalnya bisa jadi ada beberapa sel telur yang matang saat bersamaan.

Credit
Kalau ditilik dari asal sel telurnya, kembar dibagi menjadi monozigot dan dizigot. Monozigot ini kembar yang berasal dari satu sel telur yang setelah dibuahi sperma, lalu membelah dua atau lebih. Sedang dizigot berasal dari sel telur yang berbeda, yaitu sel telur yang matang dalam waktu bersamaan, dibuahi oleh sperma, dan mengakibatkan pembuahan yang bersamaan pula.

Credit
Kembar identik berasal dari satu sel telur dan satu sperma yang membelah. Mereka punya fisik yang mirip dan berjenis kelamin sama. 25% di antaranya merupakan mirror twins yang berarti beberapa ciri identik mereka ada pada kembarannya, sehingga satu sama lain merupakan cerminan kembarannya.

Anak kembar yang secara fisik tidak mirip identik dan bahkan berbeda jenis kelamin disebut kembar fraternal. Kembar jenis ini berasal dari sel telur dan sperma yang berbeda.

Credit
Ada lagi nih istilah kembar siam. Kembar siam ini adalah keadaan dimana tubuh si kembar bersatu. Penyebabnya karena zigot dari bayi kembar identik gagal terpisah secara sempurna. Kemunculan kasus kembar siam diperkirakan satu dari 200.000 kelahiran. Yang bisa bertahan hidup berkisar antara 5-25% dan kebanyakan berjenis kelamin perempuan.

Kembar siam Chang & Eng Bunker (credit)
Dari mana sih asal istilah kembar siam itu? Istilah ini berawal dari pasangan kembar siam terkenal Chang dan Eng Bunker (1811-1874) yang lahir di Siam (sekarang Thailand).

Credit
Pasangan kembar siam tertua yang tercatat sejarah adalah Mary dan Eliza Chulkhurst dari Inggris yang lahir di tahun 1100-an. Bisa jadi jangan-jangan ada yang lebih tua, cuman enggak tercatat sejarah.

Kadang-kadang kalau lagi merhatiin kelakuan anak kembar, suka pengin nanya gini enggak sih, “Harus, ya, semua-semua samaan terus?” Hihihihi abisan cara makan, cara berjalan, hobi, sampai cara nge-twit aja sama XD Kesamaan perilaku ini umumnya terjadi pada anak kembar identik dan jarang  banget terjadi sama anak kembar yang enggak identik, sehingga bisa jadi ini karena faktor genetik. Namun ternyata ini juga karena peniruan perilaku biasa. Salah satu anak melakukan tindakan pertama, yang lain meniru.


Suka ngerasa aneh enggak sih dengan perilaku anak kembar yang seakan punya telepati? Misalnya mereka sangat mudah dan cepat menemukan keberadaan kembarannya di manapun berada dalam keramaian. Hal itu bisa terjadi karena mereka gampang banget membaca tanda-tanda komunikasi alias sinyal-sinyal nonverbal dari kembarannya. Makanya mereka bisa saling memberi respon lebih cepat ketimbang orang-orang sekelilingnya. Kok bisa gitu? Yaiyalah, anak kembar sering banget melewatkan waktu bareng, tumbuh bersama, dan melakukan banyak hal bersama hampir sepanjang waktu. Karena itu enggak heran kalau mereka sangat peka dan tepat dalam mengartikan bahasa tubuh kembarannya. Sering juga mereka membuat bahasa sendiri, semacam kode-kode yang mereka ngerti sendiri. Aw, jadi susah deh ya kalau mau bohongin salah satu di antara mereka. 

Hohoho, dan by the way, kemampuan menemukan cepat dan tepat seseorang dalam kerumunan itu dimiliki semua orang loh, termasuk Twinners. Iya, Twinners... coba inget-inget deh, Twinners selalu menemukan gebetan dalam satu kali tatap di dalam keramaian kan? XD 
 (va)

Evi Sri Rezeki

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar