4 Film Indonesia Bertokoh Kembar dari Masa ke Masa


4 Film Indonesia Bertokoh Kembar dari Masa ke Masa
Poster film Summer Breeze (sumber gambar IMP Awards)

 
Twinners, satu dekade terakhir dunia perfilman Indonesia mulai berkembang kembali, bahkan kini mulai banyak film yang meraih jutaan penonton, hal ini tentunya menjadi tanda bahwa masyarakat Indonesia mulai mencintai film-film produksi anak bangsa. Sejak beberapa dekade lalu hingga sekarang tentunya ada banyak tema dan genre yang diangkat dalam sebuah film, salah satunya adalah film Indonesia bertokoh kembar dari masa ke masa. Apa saja film Indonesia tersebut? Berikut ulasannya:

1. Bila si Kembar Bercinta (1977)
Film Indonesia bertokoh kembar selanjutnya adalah Bila si Kembar Bercinta. Film ini berkisah antara sepasang saudara kembar Arwin dan Irwan (Kembar Group) yang memutuskan untuk hidup terpisah untuk mengejar karir masing-masing. Namun kemudian di antara mereka hadir Maya yang dicintai oleh Arwin dan Irwan, akan tetapi Maya tak bisa memilih dan justru bermain hati dengan keduanya hingga akhirnya hamil. Namun, kemudian terjadi kebingungan, siapakah ayah dari bayi yang dikandung Maya, Arwin ataukah Irwan?
Kehadiran film ini memang membuat Alex dan Yacob kembar Group menyita perhatian publik, apalagi di film ini mereka juga menyanyikan lagu berjudul ‘Pusara Cinta’ yang membuat nama Kembar Group semakin melambung. 

2. Romantika Remaja (1979)
Film lawas ini diproduksi tahun 1979, bercerita tentang sepasang saudara kembar Rina dan Ratna yang terpisah sejak bayi karena diculik oleh seorang bidan yang ingin memiliki anak. Kehidupan mereka berdua pun penuh liku hingga akhirnya mereka bertemu saat dewasa dan saling membantu menyelesaikan masalah saudaranya hingga akhirnya mereka bisa bersatu kembali setelah puluhan tahun berpisah. Jika pada film-film Indonesia bertokoh kembar sebelumnya, diperankan oleh sepasang saudara kembar. Namun, untuk di film ini Rina dan Ratna hanya diperankan oleh satu orang yaitu aktris kenamaan Indonesia Jenny Rachman. 
  
3. Kisah Anak-anak Adam (1988)
Kisah tentang Adam dan Hawa tentunya sudah tak asing lagi. Kisah tersebut kemudian diangkat ke layar lebar dalam sebuah film bertajuk ‘Kisah Anak-anak Adam’. Dalam film ini ada Qabil dan Iqlima yang terlahir kembar, kemudian Habil dan Labudza yang juga dilahirkan kembar. Adam kemudian menjodohkan mereka secara silang. Namun kemudian Qabil menolak karena ia ingin menikah dengan yang lebih cantik, akhirnya terjadi perselisihan yang berujung pembunuhan Qabil terhadap Habil. Jika Qabil dan Habil diperankan olek aktor yang berbeda, maka untuk Iqlima dan Labudza diperankan oleh sepasang aktris kembar, yaitu Dewanti Bauty dan Dewinta Bauty. 

4. Summer Breeze (2008)
Film ini bergenre drama romantis yang diangkat dari novel laris ‘Summer Breeze’ karya Orizuka. Film ini bercerita tentang kisah persahabatan dan cinta segitiga antara Reina (Chelsea Olivia) dan sepasang saudara kembar Ares dan Orion (Mischa dan Marcel Chandrawinata). Dikisahkan Reina, Ares, dan Orion bersahabat sejak kecil, namun seiring waktu ternyata tumbuh cinta di hati mereka. Dalam film ini tak hanya Ares dan Orion dewasa yang diperankan oleh artis kembar. Namun, untuk Ares dan Orion kecil juga diperankan oleh artis kembar Nakula dan Sadewa. 

Twinner, itulah 4 (empat) film Indonesia bertokoh kembar dari masa ke masa, dari empat film tersebut bisa dilihat bahwa tema tokoh kembar dalam sebuah film memang selalu menarik untuk diangkat ke dalam sebuah film. Ini terbukti dari tahun 70-an hingga 2000-an selalu ada film yang mengusung kisah tentang lika-liku kehidupan saudara kembar.

eva sri rahayu

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar