TwiVersary, 3 Tahun Komunitas Twins Universe

TwiVersary, 3 Tahun Komunitas Twins Universe
TwiVersary, 3 Tahun Komunitas Twins Universe

Dear Twinners, tanggal 3 Desember 2017 ini, Komunitas Twins Universe menginjak usianya yang ke-3 tahun. Kami selalu berharap Komunitas Twins Universe akan berumur panjang, makin banyak anggotanya, dan memberi kontribusi secaranya nyata bagi kehidupan anak kembar maupun nonkembar. TwiVersary menjadi semacam slogan di ulang tahun ketiga Komunitas Twin Universe.

Sebelum kami membahas TwiVersary lebih lanjut, izinkan kami untuk evaluasi diri. Pada kenyataannya memupuk dan menumbuhkembangankan Komunitas Twins Universe tidaklah mudah. Banyak hal yang mesti kami benahi mulai dari menyusun program, menjalankan program sesuai visi misi, hingga bertahan sebagai komunitas nonprofit yang mesti dijaga ke-independent-an-nya.

Komunitas Twins Universe selama tiga tahun masih berbasis daring atau dunia maya. Berbagai program disusun di berbagai lini dengan basis tersebut seperti website dan Instagram. Program tahunan, bulanan, dan mingguan yang telah tersusun dijalankan secara terseok-seok. Selama ini, banyak pihak yang membantu kami untuk tetap menjaga napas program. Namun kami menyadari banyaknya kekurangan di sana-sini disebabkan berbagai hal. Kami bisa membariskan berbagai alasan tetapi sungguh kami tidak ingin itu semua menjadi pembenaran.

Program Website
Dua tahun ke belakang, Komunitas Twins Universe gencar mengundang Twinners untuk menulis. Tujuannya menularkan virus literasi. Satu tahun ini, TwiVers berfokus untuk memproduksi artikel bermuatan informasi maupun hiburan bagi Twinners. Perubahan ini memang terasa signifikan. Karena kami ingin website TwiVers mendapat tempat di hati Twinners sehingga tetap menjadi situs favorit kalian.

Di sisi lain, kami tidak lagi mengadakan berbagai program menulis yang memberikan hadiah karena kami ingin Twinners menulis sebagai kebutuhan dan bukan karena ingin hadiah. Tangan kami terbuka bagi siapa saja yang ingin menjadi kontributor situs TwiVers.

Program Instagram
Media sosial Instragram digadang-gadang sebagai media sosial favorit hari ini. TwiVers pun menyambut peluang untuk menyebarkan informasi dan berbagi di Instagram. Ada dua program baru yaitu Twin Talk dan Viva Share. Keduanya bertujuan agar Twinners dan TwiVers berinteraksi lebih banyak dan saling berbagi.

TwiVersary, 3 Tahun Komunitas Twins Universe
Twin Talk

Tahun ini, kedua program belum lancar terlaksana. Dibutuhkan kerja keras agar kedua program bisa konsisten dan mengundang banyak minat dari Twinners sendiri. Doakan saja di tahun ke-4, kedua program ini bisa berkelanjutan.

TwiVersary, 3 Tahun Komunitas Twins Universe
Viva Share

Charity Komunitas Twins Universe
Tahun ketiga, Komunitas Twins Universe tetap mengusung program-program charity seperti buka bersama di rumah yatim piatu. Tidak seperti tahun sebelumnya yang melibatkan banyak orang, kali ini TwiVers mengadakannya dengan sederhana dan khidmat.

TwiVersary, 3 Tahun Komunitas Twins Universe
Buka bersama di rumah yatim piatu 2017

TwiVers pun masih membuka peluang bagi teman-teman yang memiliki perpustakaan umum untuk mengajukan proposal dan menyumbangkan buku. Tidak banyak memang, tapi kami berusaha agar literasi menjadi jalan bagi Twinners mengembangkan diri dan mengisi diri dengan ilmu pengetahuan.

Peluncuran Buku Antologi Twins Universe
Cita-cita TwiVers sejak didirikan adalah menyebarkan virus literasi dan berbagi mengenai dunia anak kembar. Kedua cita-cita itu dikawinkan menjadi sebuah buku antologi Twins Universe.

TwiVersary, 3 Tahun Komunitas Twins Universe
Kover buku antologi Twins Universe

Sepuluh anak kembar membagikan pengalamannya dan mencurahkan isi hatinya dalam buku ini. Setelah dua tahun proses pembuatan buku ini, akhirnya pada TwiVersary ulang tahun Komunitas Twins Universe, buku ini akan diluncurkan. Tanggal 3 Desember, tepat di hari kelahiran TwiVers, buku ini sudah bisa kamu pesan. Semoga buku ini bisa ada di tangan Twinners dan kami berharap untuk buku selanjutnya, kamulah yang menjadi salah satu penulisnya.

Rencananya buku antologi Twins Universe akan dibuat secara berseri. TwiVers berharap semakin banyak pasangan anak kembar yang mau bercerita tentang kehidupannya dan memberi inspirasi bagi masyarakat pada umumnya, dan anak kembar pada khususnya.

TwiVersary, 3 Tahun Komunitas Twins Universe
Lalu pada akhirnya, izinkan TwiVers mengajak Twinners untuk merayakan kehidupan Komunitas Twins Universe ini. Maafkan TwiVers atas segala kekurangannya dan kami berharap Twinners mau sama-sama membangun komunitas ini.

TwiVersary tidak dirayakan dengan gegap gempita. Tidak pula kami bisa janjikan untuk kita bertemu muka. Tapi kami bisa pastikan di TwiVersary ini, kami berusaha selalu ada buat Twinners. Bergenggaman tangan dan saling mendoakan. Semoga kami menjadi pengisi ruang di hati Twinners. Dan kami sangat terbuka untuk segala masukan baik itu secara program atau Twinners yang ingin menjadi volunteer.


Di TwiVersary ini, TwiVers akan memberikan sedikit kado untuk kalian berupa buku antologi Twins Universe. Program ini bisa Twinners lihat di Instagram kami. Twinners, di mana pun kalian berada, semoga TwiVersary memberikan kebahagiaan bagi kalian. Memberi sedikit warna keceriaan. 

Evi Sri Rezeki

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar