Tips Mengasuh Anak Kembar Laki-Laki atau Perempuan

Tips Mengasuh Anak Kembar Laki-Laki atau Perempuan




Twinners, memiliki anak kembar tentunya menjadi sesuatu yang membahagiakan, meski bisa jadi akan terasa merepotkan namun keberadaan anak kembar adalah anugerah yang sangat harus disyukuri. Saat mempunyai anak kembar, bisa jadi para orangtua mengalami kebingungan bagaimana pola pengasuhannya, oleh karena itu berikut ini adalah tips mengasuh anak kembar laki-laki atau perempuan yang bisa diaplikasikan:

1. Perlakuan Personal
Anak kembar memang seringkali disamakan, akan tetapi harus diingat bahwa mereka tetap sosok personal yang berbeda. Mengenakan baju kembar memang lucu, namun jika segala hal harus disamakan, maka dikhawatirkan anak kembar tidak akan bisa mempunyai rasa memiliki atas dirinya sendiri. Oleh sebab itu, hal pertama yang harus diingat dalam pengasuhan anak kembar laki-laki atau anak kembar perempuan adalah memahami minat, karakter, dan keinginan mereka yang berbeda.

2. Minta Bantuan
Mengurus anak yang masih bayi tentunya membutuhkan perjuangan ekstra, apalagi jika memiliki buah hati kembar. Oleh sebab itu, jangan pernah ragu atau bahkan malu untuk minta bantuan pada keluarga dalam pengasuhan anak kembar. 

3. Pisah Sejenak
Anak kembar memang selalu terlihat senang apabila sedang bermain bersama, namun anak kembar sebenarnya juga memerlukan waktu untuk sendiri. Kembar tak harus selalu melakukan segala sesuatu bersama-sama. Sesekali berikan mereka waktu untuk bermain sendiri agar mereka bisa membentuk karakter diri masing-masing. Misalnya, ajak salah satu bermain bersama ibu, dan saudara kembar lainnya bermain bersama ayah.

4. Dukung Perbedaan
Jangan membanding-bandingkan anak kembar. Orangtua harus bisa memahami bahwa masing-masing anak memiliki minatnya sendiri, oleh karena itu dukung apa yang diminati anak tanpa harus membandingkan satu dengan yang lainnya. Selain itu, bisa juga dengan membelikan mainan yang berbeda agar mereka juga bisa belajar untuk berbagi. 

5. Bersikap Adil
Bersikap adil bukan berarti harus menyamaratakan, akan tetapi bagaimana orangtua harus bersikap sesuai dengan kebutuhan dan karakter anak.  Orangtua harus tahu dengan baik apa ciri khas dan karakteristik dari sifat anak-anaknya. Dan disinilah fungsi serta tugas orangtua agar bisa memahami anak kembar mereka. Apabila mengalami kesulitan, tak ada salahnya untuk melakukan tes sederhana untuk bisa mengetahui kepribadian serta karakter masing-masing anak kembar.

6. Kembangkan Minat dan Keunikan Masing-Masing
Anak kembar bisa jadi mempunyai kegemaran serta selera yang berbeda antara satu dengan yang lain, mungkin ketika yang satu pandai bermain gitar, yang satunya pandai melukis. Atau yang satu pandai bernyanyi, yang satu pandai membaca puisi. Orangtua harus bisa mengakomodir kegemaran dari masing-masing anak kembar. Orangtua bisa mendukung atau memberikan jalan agar minat serta potensi masing-masing anak bisa diarahkan dengan baik agar hobi dan kegemaran mereka bisa berkembang.

7. Berikan Kebebasan untuk Memilih
Orangtua memang boleh sesekali memberikan baju yang sama untuk anak kembarnya, akan tetapi sebaiknya anak kembar juga diberi kebebasan agar mereka dapat memilih apa yang mereka inginkan. Arahkan sesuai dengan usianya dan apa yang mereka pilih tidak keluar dari norma yang ada. Apabila anak memang tak ingin mengenakan baju yang sama dengan saudara kembarnya, maka jangan dipaksa, biarkan mereka memilih dan berkembang sesuai dengan keinginan mereka.

Twinners, itulah tips untuk mengasuh anak kembar, baik itu anak kembar laki-laki maupun anak kembar perempuan. Setiap anak kembar itu unik, maka dari itu orang tua harus bisa memahami keunikan itu dengan tidak dibanding-bandingkan atau dituntut untuk menjadi sama.

Twins Universe

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar