Pertama Kali ke Luar Negeri? Urus Dulu Paspor Kamu!

Pertama Kali ke Luar Negeri? Urus Dulu Paspor Kamu!

Twinners petualang, sudah puas menjelajah berbagai tempat wisata yang ada di Indonesia? Mungkin tahun ini saatnya Twinners mencoba jalan-jalan ke luar negeri. Yep! Itu bakalan jadi pengalaman seru dan tantangan baru. Pastinya Twinners harus menyiapkan plan matang sebelum keberangkatan. Salah satunya jadwal penerbangan. Sudah ada beberapa maskapai premium Indonesia yang menawarkan jadwal penerbangan ke berbagai negara, Garuda termasuk salah satunya.


Mungkin ada di antara Twinners yang belum pernah sama sekali berkunjung ke luar negeri? Jangan khawatir, karena sekarang tentunya Twinners sudah bisa mencari tahu banyak hal seputar persiapan ke luar negeri yang banyak ditulis di media atau oleh para traveler blogger.

By the way, artikel ini bukan mau menjabarkan banyak hal yang harus disiapkan sebelum Twinners pergi berwisata ke luar negeri. Cukup satu hal, namun sangat vital, TwiVers akan membahas tentang proses pembuatan paspor. Semua tentu tahu kalau paspor adalah yang paling penting dalam hal ini.







Bahkan ketika Twinners membeli tiket pesawat Garuda ke luar negeri, hal yang juga akan ditanyakan tentu saja nomor paspor. Jika bepergian hanya ke negara-negara yang dekat dengan Indonesia, maka Twinners hanya perlu mempersiapkan paspor, tanpa harus ribet mengurus visa.

Well, gimana sih proses pembuatan paspor? Yuk langsung saja simak penjelasan berikut ini!

Pertama Kali ke Luar Negeri? Urus Dulu Paspor Kamu!
Pasport (sumber gambar: hello-pet.com)

Untuk memudahkan dan lebih menyingkat waktu, Twinners bisa daftar dulu lewat website resmi Direktorat Jenderal Imigrasi di www.imigrasi.go.id, dan memilih layanan publik untuk paspor online. Setelah masuk ke halaman form, kamu bisa mengisi kelengkapannya, termasuk scan dokumen yang diminta.

Setelah mengisi form, jika permohonan yang telah diperiksa dan memenuhi syarat, bakal dikirim kode pembayaran melalui pesan singkat dan surat elektronik. Setelahnya, Twinners akan mendapatkan tanda terima permohonan yang harus dicetak sebagai tanda bukti. Mudah sekali bukan?

Proses selanjutnya, Twinners bisa membawa tanda bukti tersebut ke kantor imigrasi, dan sesampainya di sana akan ada keterangan di setiap meja, di mana Twinners bisa langsung mengambil map khusus untuk pemohon online. Keuntungannya di sini, Twinners tak perlu lagi menunggu untuk mendapatkan dan mengisi form secara manual lagi.

Pertama Kali ke Luar Negeri? Urus Dulu Paspor Kamu!


Sesudah memasukkan berkas ke loket khusus pemohon online, Twinners harus menunggu beberapa waktu untuk giliran foto. Jika Twinners datang ke kantor imigrasi lebih pagi, tentu saja akan lebih cepat prosesnya. Namun jika kesiangan, bisa-bisa Twinners baru dapat giliran setelah jam makan siang loh!

Nah, setelah sesi foto, akan ada sedikit interview terkait rencana keberangkatanmu ke luar negeri. Di sini biasanya berkas-berkas juga akan diperiksa ulang. Jika ada nama yang tak sesuai antara kartu identitas dan akta kelahiran, biasanya bakal harus membereskannya dahulu di kantor kependudukan.

Jangan tegang, sesi interview ini tidak seperti wawancara kerja kok. Setelah selesai ditanya-tanya, selesai juga rangkaian pengurusan permohonan paspor di kantor imigrasi. Hanya makan waktu setengah hari saja jika kamu sudah mendaftarkan diri secara online sebelumnya.

Jadi, apa paspornya sudah bisa dibawa pulang? Tentu saja belum. Twinners harus menunggu setidaknya dua atau tiga hari kerja sampai buku paspormu selesai dibuat. Selama menunggu, Twinners tak perlu lagi datang ke kantor imigrasi. Langsung datang saja di hari yang sudah dijanjikan, dan... tara! Paspor pun siap di tangan.
 
Setelah semua beres, Twinners tinggal cek harga tiket Garuda yang juga bisa dilakukan secara online. Nah, gimana? Liburan ke luar negeri jadi tak seribet yang dibayangkan bukan? Well, selamat berlibur!
 







Twins Universe

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar