Beberapa Contoh Kekompakan Anak Kembar

Beberapa Contoh Kekompakan Anak Kembar



Twinners, anak kembar memiliki sisi unik yang seringkali membuat orang lain merasa heran. Bahkan tidak jarang, keunikan anak kembar membuat sebagian orang merasa iri, terutama ketika melihat kekompakan mereka. Anak kembar memang dikenal sering terlihat kompak. Mereka cenderung memiliki kebiasaan yang sama, melakukan sesuatu secara bersama-sama, dan bahkan memiliki selera yang sama terhadap berbagai sesuatu. Anak kembar cenderung ingin menunjukkan kekompakan mereka di depan orang lain. Berikut ini akan dibahas mengenai beberapa contoh tentang kekompakan anak kembar.

1. Memakai Pakaian yang Sama
Anak kembar cenderung suka memakai pakaian yang sama dengan kembarannya. Kegemaran memakai pakaian yang sama ini terajdi sebab sudah dibiasakan oleh orang tua mereka sejak kecil. Bahkan yang banyak terjadi, salah satu anak kembar akan menangis atau protes jika dibelikan sesuatu benda yang berbeda dengan saudara kembarnya, apalagi jika orang tua bertindak tidak adil hanya memberikan sebuah benda ke salah satu saja dari mereka, tidak jarang mereka akan berebut. Kebiasaan memakai pakaian yang sama tersebut terus terbawa hingga mereka dewasa. Perbedaannya, ketika dewasa, anak kembar akan cenderung menggunakan pakaian dengan warna yang berbeda dengan saudara kembarnya, meskipun jenis dan selera mereka tetap sama. Kekompakan anak kembar dalam memilih pakaian memang merupakan hal yang wajar terjadi, terutama pada anak yang terlahir kembar identik.

2. Ikatan Batin yang Kuat
Tidak hanya kompak dari segi tampilan luar (tampilan lahir), anak kembar juga memiliki kekompakan bahkan dari dalam (sejak dalam batin). Anak kembar dapat merasakan kesedihan yang dirasakan saudara kembarnya. Bahkan ketika saudara kembarnya sakit, si kembar yang lain juga akan ikut sakit, entah itu dalam waktu yang bersamaan atau bersusulan. Ikatan batin antara saudara kembar memang sangat kuat. Hal ini terjadi sebab mereka sudah saling melakukan kontak sejak mereka berada di dalam kandungan. 

Penelitian yang dilakukan di Universitas Padova menunjukkan bahwa anak kembar sudah saling berinteraksi sejak usia 14-18 minggu masa kehamilan. Dalam penelitian tersebut, ditemukan fakta bahwa di dalam kandungan, bayi kembar akan menyentuh dan berpegangan antara satu dengan yang lain. Bahkan intensitas menyentuh bagian tubuh si saudara kembar lebih sering dibandingkan dengan menyentuh tubuh mereka sendiri. Anak kembar seringkali melakukan gerakan-gerakan lembut di dalam rahim untuk berinteraksi dengan saudaranya. Tidak heran jika ikatan batin mereka sangat kuat, sebab kekompakan mereka sudah terjalin bahkan sejak di dalam kandungan.

3. Memiliki Bahasa Sendiri
Bagi orang terdekat anak kembar, misalnya orang tua atau keluarganya, tentu akan sering merasa heran melihat sepasang anak kembar yang bercakap-cakap dengan bahasa aneh yang tidak mereka mengerti. Tidak jarang, sepasang anak kembar melakukan interaksi antara satu dengan yang lain dengan bahasa khusus agar tidak dipahami orang lain sebab obrolan mereka bersifat rahasia. Fenomena ini disebut Cryptophasia, istilah yang berasal dari kata crypto (rahasia) dan phasia (speech disorder). Fenomena bercakap dengan bahasa yang hanya dipahami oleh sepasang anak kembar ini dialami oleh sebagian besar anak kembar, baik kembar identik maupun kembar fraternal. Umumnya, anak kembar akan menciptakan kode-kode dan bahasa atau istilah baru yang hanya dipahami oleh mereka sendiri.

Twinners, itulah beberapa contoh kekompakan anak kembar yang mungkin membuat iri orang lain dan membuat orang lain merasa heran. Kekompakan tersebut lebih sering terjadi secara alamiah dan tidak dibuat-buat. 
Buat Twinner kembar, apa saja kekompakan kalian?

eva sri rahayu

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar