Mengenal Macam-macam Kembar

Mengenal Macam-macam Kembar




Mengenal Macam-macam Kembar

     Twinners, melihat anak kembar seringkali bikin orang bingung buat membedakan sebab saking identiknya sepasang anak kembar tersebut sehingga hampir tidak memiliki perbedaan, kasus ini sering terjadi pada kembar identik. Hayo, Twinners yang kembar aja suka susah ngebedain kan saat melihat anak kembar lain? Sederhananya sih anak kembar itu merupakan dua orang manusia atau lebih yang lahir pada satu masa kehamilan yang sama. Anak kembar enggak selalu berasal dari satu sel telur, dan jenis kelaminnya juga bisa sama dan beda. Ibu yang mengandung bayi kembar akan mengalami persalinan ganda atau lebih dari satu kali, sebab anak kembar yang dikandungnya harus dilahirkan secara bergantian. Kembar enggak selalu berarti harus memiliki wajah yang identik. Terdapat banyak jenis dan macam-macam kembar, yang dibedakan berdasarkan jumlah sel telurnya. 

     Berikut ini adalah bahasan mengenai jenis-jenis bayi kembar.

    Berdasarkan jumlah sel telurnya, kehamilan kembar dapat dibedakan ke dalam dua jenis, yaitu anak kembar yang berasal dari satu sel telur yang disebut monozigot, dan kedua adalah kembar yang berasal dari lebih dari satu sel telur, yang disebut dengan dizigot. Kembar Monozigot termasuk langka sebab hanya memiliki presentase sebesar 8% dari jumlah keseluruhan kasus kehamilan kembar di dunia.
    Proses pembuahan monozigot adalah satu sel telur dibuahi oleh satu sel sperma (zigot), dan kemudian sel telur yang sudah dibuahi tersebut membelah menjadi dua bagian yang merupakan cikal bakal embiro atau bakal janin. Kedua belahan tersebut akan berkembang sendiri-sendiri setelah menempel di dinding rahim sehingga tumbuh menjadi janin yang sempurna. Kembar jenis monozigot lah yang disebut sebagai kembar identik, dan kemungkinan terjadinya adalah 1:150. Beberapa ciri khas bayi yang kembar identik adalah memiliki jenis kelamin sama, baik kedua-duanya laki-laki atau kedua-duanya perempuan; memiliki wajah dan penampilan yang sama, bahkan seringkali memiliki kepribadian yang sama.
    Tidak semua proses pembelahan sel telur pada kembar monozigot berjalan dengan baik. Dalam banyak kasus, proses pembelahan sel monozigot yang sudah dibuahi dan merupakan cikal bakal janin tersebut tidak berjalan maksimal, atau ada bagian sel yang masih saling menempel. Bagian sel yang sudah membelah namun masih menempel tersebut sama-sama tumbuh menjadi janin yang menempek di dinding rahim. Kasus inilah yang disebut sebagai kembar siam, yaitu kembar monozigot dengan bagian tubuh tertentu yang saling menempel. Peluang terjadinya kelahiran kembar siam adalah 1 dalam 200.000 kelahiran.
    Sementara pada kasus kembar dizigot, satu atau lebih sel telur dibuahi oleh dua sel sperma yang berbeda, kemudian masing-masing hasil pembuahan tersebut berkembang menjadi janin yang sempurna. Kembar jenis dizigot sering disebut juga dengan kembar fraternal, dan kemungkinan terjadinya adalah 1:60. Cici-ciri anak yang lahir kembar dizigot adalah wajah dan penampilannya tidak mirip, bahkan lebih sering terlihat jauh berbeda, dan terlihat seperti kakak-adik, bukan anak kembar yang identik.
    Sementara itu, macam-macam kembar tersebut disebabkan oleh faktor yang berbeda. Jika kembar monozigot terjadi karena faktor alam, kembar dizigot ini terjadi karena faktor keturunan atau faktor genetik. Jika seseorang memiliki garis keturunan kembar dizigot, maka besar kemungkinan salah satu keturunannya akan memiliki anak kembar. Sementara orang yang tidak memiliki riwayat keturunan kembar tetap bisa memiliki anak kembar, yaitu kembar monozigot.

    Twinner, itulah macam-macam kembar dan perbedaan masing-masing istilahnya. Anak kembar terlahir bukan hanya disebabkan faktor genetik yaitu memiliki riwayat keluarga yang pernah melahirkan anak kembar, namun juga dapat disebabkan oleh faktor alam atau yang seringkali disebut dengan anugerah.
    Twinners kembar sendiri gimana, merasa terlahir kembar itu anugerahkah?

eva sri rahayu

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

4 komentar:

  1. Kelahiran anak adalah anugerah sekaligus amanah bagi orangtuanya. Oleh karena itu amanah ini harus diemban dengan sebaik-baiknya.Mengabaikan amanah apapun alasannya sungguh tidak sesuai dengan ajaran agama apapun.

    Anak kembar memang unik dan menarik. Kadang memprihatinkan jika terjadi kembar siam. Apalagi jika sukar dipisahkan.

    Terlahir kembar tetap dianggap anugerah. Tak jarang anak-kembar yang sukses keduanya.

    Selamat hari ulang tahun ke-2 TwiVers.Semoga terus berkarya yang positif.

    Salam hangat dari Jombang- akun Twitter @pakdecholik

    BalasHapus
  2. Jadi itu ya bedanya kembar identik, siam dan yang kembar tapi berbeda. :D Aku baru tahu ternyata itu terjadi sejak pembuahan.
    Seperti biasa aku selalu tertarik dengan anak kembar.

    Aku punya teman, dia sepertinya identik. Sama-sama berjenis kelamin laki-laki, miriiiiip sekali. Aku pernah salah panggil.
    Tapi ketika dewasa, aku jadi tahu bedanya meski agak susah. Senyumnya deh kayanya yang beda. Lainnya mirip. Warna kulitnya bahkan mirip.

    Menarik sekali... ^^

    @vindy2804 - twitter

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Menarik sekali...
    Kembar enggak kembar adalah anugerah. Aku punya istri kembar. Kembarannya juga tinggal di satu atap beda tembok. Awalnya suka linglung salah panggil. Untungnya makin ke sini makin bisa mengenali. Tapi kalau dikerjain lewat suara telpon, tetep enggak bisa bedain >.<
    Twitter: @artisticinside

    BalasHapus