6 Buku Bertokoh Kembar





Dear Twinners, kehidupan sepasang saudara kembar selalu memiliki keunikan dan lika-likunya sendiri. Ada banyak hal yang bisa dijadikan inspirasi dari kehidupan mereka yang kemudian banyak diangkat menjadi film, sinetron, juga buku. Di Indonesia sendiri ada cukup banyak penulis lokal yang menjadikan sepasang saudara kembar sebagai tokoh utamanya. Dari sekian banyak, TwiVers memilih 6 buku buat dibahas. Apa saja buku bertokoh kembar tersebut?

6 Buku Bertokoh Kembar
  
1. Love Puzzle – Eva Sri Rahayu
Eva Sri Rahayu adalah penulis yang memiliki saudara kembar. Maka tak heran jika dari kehidupan dunia kembarnya ini pula, ia menulis novel berjudul ‘Love Puzzle’ yang tokoh utamanya adalah sepasang saudara kembar bernama Raja dan Iskandar. Novel ini diterbitkan pada November 2013 oleh Penerbit Nourabooks. Novel ini tak hanya menyajikan kisah cinta saja, tapi juga ada konflik antar keluarga yang mengharu biru di dalamnya, selain itu novel ini juga mengkritik kehidupan remaja masa kini yang gemar melakukan tawuran. Konflik yang mengena dengan teka-teki setiap tokoh dalam novel ini membuat pembaca menikmati cerita hingga lembar terakhir.

6 Buku Bertokoh Kembar
Sumber gambar Goodreads
2. Lho, Kembar Kok Beda – Netty Virgiantini
Novel ‘Lho Kembar Kok Beda’ bercerita kehidupan Nadhira dan Bashira yang bertolak belakang, baik itu dalam segi fisik, maupun kemampuan akademik namun ternyata mencintai satu cowok yang sama. Novel ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama tahun 2014.

6 Buku Bertokoh Kembar
Sumber gambar blog Rizky Mirgawati

3. Kembar Dizigot – Netty Virgiantini
‘Kembar Dizigot’ yang terbit di penerbit Gramedia Pustaka Utama tahun 2015 ini merupakan kisah lanjutan Nadhira dan Bashira dalam novel sebelumnya, ‘Lho, Kembar Kok Beda’. Pada buku kedua, ‘Kembar Dizigot’ menceritakan tentang Nadhira yang ingin membalas Bashira yang ternyata licik dan merebut Tama darinya. Nadhira yang awalnya terjatuh, mencoba bangkit untuk menghadapi orang-orang yang telah mengkhianatinya.  

6 Buku Bertokoh Kembar

4. DJ & JD - Primadona Angela dan Shafrina Siregar
Buku bertokoh kembar selanjutnya adalah novel dengan judul ‘DJ & JD’. Novel ini ditulis oleh dua orang penulis, yaitu Primadona Angela dan Shafrina Siregar dan diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama tahun 2007.
Judul novel ini cukup unik karena diambil dari inisial sepasang saudara kembar yang menjadi tokoh utamanya, yaitu DJ (Desti Jennifer) dan JD (Jocelyn Devita). Meski kembar, mereka berdua memiliki karakter yang berbeda dan bertolak belakang. Lika-liku kisah sepasang saudara kembar ini pun ditulis dengan apik. Konflik dan penceritaan yang runtut, membuat pembaca tidak bingung dan bisa menikmati cerita hingga akhir. 

6 Buku Bertokoh Kembar

5. Beautiful Exchange – Ronaldo Tengker
Novel ini berkisah tentang Yesaya dan Yeremia, sepasang saudara kembar yang harus menghadapi getirnya kehidupan. Papa mereka melakukan korupsi hingga akhirnya rumah mereka disita. Hidup mereka pun kemudian berubah ketika Yesaya pergi bersama papanya, sedangkan Yeremia hidup dengan mamanya. Kehidupan Yesaya pun semakin berubah tatkala ia salah pergaulan dan kecanduan narkoba. Novel ini memberikan pesan bahwa Tak ada kata terlambat untuk berubah ke arah yang lebih baik. 

6 Buku Bertokoh Kembar

6. Twiries – Eva Sri Rahayu & Evi Sri Rezeki
Buku selanjutnya yang menggunakan tokoh kembar adalah Twiries. Buku ini bukanlah novel, tapi lebih kepada personal literatur. Twiries ini terbilang buku yang unik, selain karena bercerita tentang anak kembar, juga ditulis oleh sepasang penulis kembar yaitu Eva Sri Rahayu dan Evi Sri Rezeki. Bisa dikatakan, buku yang diterbitkan oleh Diva Press ini sebagai bentuk jawaban Eva dan Evi tentang kehidupan anak-anak kembar yang sering membuat penasaran banyak orang.


Itulah 6 (enam) buku bertokoh kembar yang ditulis oleh penulis Indonesia. Buku-buku ini banyak memberikan pesan bahwa sepasang anak kembar tidak harus sama, akan tetapi mereka memiliki perbedaan serta keunikan pada dirinya masing-masing yang harus dihargai dan dipahami. 
Adakah yang udah kamu baca, Twinners? 



eva sri rahayu

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

3 komentar:

  1. menurut kaka yang paling bagus yang mana ?

    BalasHapus
  2. dari enam buku di atas, saya kayaknya lebih suka yang nomor 6 deh. Soalnya saya salah satu dari orang - orang yang pensaran dengan kehidupan anak kembar. Hehehe :D

    BalasHapus