5 Tips Hindari Makanan Jadi Basi


5 Tips Hindari Makanan Jadi Basi




Twinners, biasanya setiap orang makan tiga kali sehari, tentunya supaya tetap sehat dan bersemangat. Menu makanannya juga beda-beda buat pagi, siang, dan malam. Tapi repot juga kan kalau mesti masak sehari tiga kali juga? Jadi memang paling praktis kalau Twinners memasak langsung banyak sehari satu kali di pagi hari. Makanan yang banyak itu harus habis dong dalam sehari, kalau enggak, nanti makanan bisa jadi basi kalau enggak disimpan dengan benar, dan kemungkinan besar kuman akan masuk dalam makanan yang bisa menyebabkan sakit perut. Duh!

Twinners, ada lima tips atau cara menyimpan makanan dengan benar sehingga tidak basi dan membuatnya menjadi tahan lama dan bisa dimakan lagi nih. Apa aja?

Wadah Kedap Udara
Pertama, gunakan wadah kedap udara yang menutup udara dan menghindari kuman agar tidak masuk dalam makanan. Cara pertama ini akan membuat makanan tetap aman dan sehat. Namun dilarang saat masakan masih panas atau setelah dihangatkan, karena uap air yang tercampur dalam makanan bisa menyebabkan rasanya berubah.

Tutup Makanan
Kedua, jangan membiarkan makanan terlalu lama di luar ruangan tanpa ditutup, hal ini bisa memudahkan udara dan kuman masuk sehingga makanan bisa cepat basi dan enggak bisa dimakan lagi. 

Bersihkan Lemari Penyimpanan
Ketiga, selalu bersihkan lemari menyimpan makanan atau ruang makan, dengan cara ini maka kuman enggak mudah masuk dan berkembang biak pada makanan.

Pisahkan Makanan
Cara keempat adalah pisahkan antara makanan mentah dengan masakan yang sudah matang. Biasanya pada masakan mentah yang belum dimasak masih sedikit mengandung kuman, sehingga sebaiknya dicuci sebelum disimpan dalam kulkas.

5 Tips Hindari Makanan Jadi Basi


Gunakan Tempat Penyimpanan
Kelima, gunakan tempat penyimpanan yang cocok dengan suhu makanan agar makanan tidak cepat basi dan bertahan lama. Twinners bisa menggunakan kulkas mini yang khusus menyimpan makanan. Makanan di dalam kulkas akan selalu aman karena kuman tidak bisa masuk ke makanan. Jadi Twinners harus beli atau melakukan cicilan kulkas mini murah di toko langsung atau toko online.
Cara terakhir adalah perhatikan sisa makanan yang sudah dikonsumsi dan ingin dimasukkan lagi dalam kulkas, Twinners harus membungkusnya dengan rapi sebelum dimasukkan kulkas supaya enggak mempengaruhi makanan yang lainnya. 

Itulah lima tips supaya makanan enggak basi. Twinners bisa langsung praktikkan cara-caranya. Gampang, kan.



Twins Universe

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 komentar:

  1. Makanan panas emang sebaiknya nggak langsung ditutup karena makanan bisa basi :)

    BalasHapus