Twin Hunt Behind The Scene - Part 1

Twin Hunt Behind The Scene - Part 1
Twin Hunt Behind The Scene - Part 1

Kisah ini kita mulai dari 7 purnama yang lalu (ini beneran 7 purnama loh, beneran diitung soalnya #TerAADCkan ). Waktu itu TwiVers mulai me-launching program Twin Hunt dengan membuka audisi mencari Twinners kembar yang unik, berprestasi, atau menginspirasi. Ceritanya sih TwiVers mau memburu Twinners kembar buat dibikin video dokumenternya. Masuklah beberapa ajuan. Kepenginnya sih ngelolosin semuanya, tapi berhubung Twin Hunt season pertama ini hanya dua episode, jadi TwiVers mesti memilih. Tentu aja TwiVers sempet konsultasi dulu sama Pandji, Nirina, Raditya Dhika, Cak Lontong, dan Indro (dikira Stand Up Comedy). Krik...krik...krik...!

 
Keluarlah sepasang anak kembar dari hasil rembukan founder TwiVers—Eva dan Evi—yang memilih dengan cara super mainstream, yaitu... kocokan! Enggak-enggak, yang bener dari hasil membaca tulisan ajuan para Twinnerslah. Yang terpilih, TwiVers hubungi via email. Huuuft, legaaa... satu babakan drama terlewati.
Setelah itu crew TwiVers meeting buat mematangkan konsep Twin Hunt. Dari obrolan dengan Pak Sutradara yang bernama Ivan Irinato, diputuskan bahwa episode pertama Twin Hunt adalah pengenalan tentang host kembarnya, yaitu Eva dan Evi. Intinya sih biar penonton Twin Hunt paham dulu kenapa sih TwiVers bikin program ini. Terus, pengenalan juga sama karakter dua host-nya. Jadi isi episode perdana ini bercerita tentang cikal bakal munculnya ide program Twin Hunt. Apa aja sih? Pertama, TwiVers kepengin meriset seperti apa sih kehidupan anak kembar itu. Apa-apa saja karakteristik umum anak-anak kembar itu. Kedua, TwiVers kepenginnya mengangkat kisah kehidupan anak kembar yang unik dan inspiratif biar sesama anak kembar bisa saling menularkan segi positifnya. Enggak cuman buat anak kembar aja sih, buat penonton pokoknya.
Untuk membuat video Twin Hunt ini, dibutuhkan pegangan skrip buat pengambilan gambarnya. Apalagi yang namanya bumper sama closing yang terus-terusan dipakai buat season-season selanjutnya. Bumper itu awalan tayangan loh, yang suka ada pengenalan judul dan lainnya. Terus buat episode pertama ini memang konsepnya sejenis film pendek, jadi full skrip. Yang bikin skenarionya siapa lagi kalau bukan si kembar Eva dan Evi. Yang konon kabarnya ngerjainnya dibagi dua. 
Eva: Kita bikin sinopsis dulu, terus setelah ketahuan ada berapa scene, kita bagi dua deh.
Evi: Bikin sinopsisnya ini yang lama mikirnya. Milih bagian yang paling pas buat diceritain karena dirasa paling mewakili anak kembar.
Eva: Abis nulis sinopsis, lama magernya.
Evi: Aku sih nungguin Eva kerjain duluan. Kan aku bagian terusannya.
Eva: Kebiasaan deh Epi *cemberut*
Evi: Kan aku yang ngurusin detail baju.

Briefing sekalian ngecek properti syuting

Nah, dari obrolan mereka aja udah kebayang kan betapa lamanya nulis skrip buat durasi 4-5 menitan aja. Setelah skenarionya beres, pertanda genderang perang udah ditabuh, waktunya persiapan menuju perang aka syuting. Mulai dari nyiapin wardrobe, nyari tempat syuting, sampai menghafal naskah. TwiVers seneng banget karena dapet sepasang dress batik cantik dan kimono kece dari Aura Batik. Sedang tempatnya, TwiVers bekerja sama dengan Route64.
Eva sama Evi yang niatnya belajar dari pengalaman udah-udah, dimana mereka biasanya ngafalin naskah kalau gak H-1 ya... on the spot, bertekad kali ini buat ngafalin dari jauh-jauh hari. Beda niat sama kenyataan sih ya. Akhirnya ya ngafalinnya jauh-jauh-jauuuh-jauuuuh dari ideal (lagi). Sungguh ya mereka ini kelakuannya memang menggemaskan buat digetok. Si kembar Eva-Evi pada praktiknya ngafalinnya sejam sebelum syuting. Semoga mereka berdua ini mendapat hidayah *TwiVers mengamini sepenuh hati* TwiVers udah deg-degan aja mereka belepotan ngomongnya pas syuting. Deuh, emang dasar hobi bikin jantungan si kembar drama itu.

Hari H Syuting Episode Pertama Season 1
 

Take pertama di studio musik

Syuting dijadwalkan mulai jam 10 pagi. Tapi semua crew mesti udah siap-siap dari pagi. Eva dan Evi yang dari semalaman nyiapin ini itu dan packing barang keperluan syuting sampai tengah malam, dengan sangat tumben enggak bangun kesiangan. Dalam mobil menuju lokasi syuting di daerah Punclut, mereka terpantau menghafal naskah dengan khusyuk. Yaiyalah, ada waktu kapan lagi buat ngafalin coba....
Sesampainya di sana, ternyata tempat masih dibereskan oleh pihak pengelola. Enggak lama, datenglah Teh Besti Rahulasmoro bagian artistik yang langsung bertugas mengamankan semua properti syuting. Baru setelah sutradara Ivan dan kameramen merangkap editor Dede Maulana Yusuf dateng, TwiVers briefing dulu.


Teh Inti lagi main gitar dikamera sama Dede


Tempat pengambilan adegan pertama episode ini adalah studio musik. Ceritanya Eva sama Evi lagi belajar nyanyi dibimbing sama Teh Inti Nirmana yang memang penyanyi asli. Sebelum take beneran, mereka sempet latihan beberapa kali dibimbing PakSut. Biar pas diambil gambar langsung sip dan gak salah-salah gitu. Teh Inti sempet keliatan grogi awalnya, tapi setelah syuting dimulai, semuanya lancar. Pak Sutradara meminta beberapa take buat ngambil angle-angle lain. Di adegan ini Eva sama Evi diharuskan beneran nyanyi. Gimana suara mereka? Beuuuh, saking enggak bangetnya, TwiVers sampe sujud syukur karena scene ini lancar. Kebayang deh kalau enggak, kasian sama telinga TwiVers kalau kelamaan dengerin suara mereka? Twinners denger sendiri deh nanti pas videonya udah di-upload di Youtube.


Eva lagi pura-pura nyanyi.

Evi lagi pura-pura cemberut, eh, apa cemberut beneran ya :D

Scene kedua ini yang seruuu. Bukan, bukan karena ada adegan laganya, kayak tiba-tiba nyelip satu scene civil war gitu. Tapi karena adegan ini diambil di kafe yang lengkap sama makanan sama minumannya. Sebagai crew yang ngeliput, TwiVers udah pasti kebagian nyicip. Scene ini menceritakan tentang Eva sama Evi yang hobi maksa-maksa orang. Maksa apa dan gimana caranya? Duh, TwiVers gak bisa spoiler nih. Tar tonton sendiri aja ya. Intinya, sebagai anak kembar yang doyan maksa, Eva sama Evi penasaran apakah anak kembar lain punya kebiasaan yang sama? Nah loh. Seperti adegan pertama tadi, adegan ini juga diambil beberapa kali untuk mendapat berbagai angle. Eva sama Evi sempet agak belibet nih di sini. Dialognya panjang kali ya, hihihi, rasain dimarahin PakSut.
 


Bagian lucunya tuh, kan setelah selesai satu adegan, Eva sama Evi mesti foto-foto dulu buat dokumentasi outfit of the day (ootd). Pas mereka mau makan, eh, makanan di meja nyisa setengah. Kerjaan siapa? Kerjaan PakSut dan kameramen ituuuu... TwiVers cuman ikut-ikutan doang, sumpaaah.
 


 
Ceritanya ootd, tapi gayanya mereka kurang asik *disambil Eva-Evi*


Kebeneran, pas lagi lapar-laparnya, pas banget istirahat makan siang. Syuting break dulu. Kita makan sambil briefing. Abis itu Ivan sama Dede malah sempet-sempetnya nyanyi-nyanyi dulu. Mereka ini memang sutradara dan kameramen yang riang :D Tiba-tiba cuaca jadi mendung. Agak takut juga kalau hujan, soalnya masih ada satu part lagi di tempat terbuka. Untungnya gerimis cuman turun sebentar.


Kiri-Dede sang kameramen dan kanan-Ivan sutradara lagi main musik penuh penghayatan karena dijepret kamera

Pengambilan gambar selanjutnya masih di area kafe, tapi pindah ke bagian bar. Adegan ini menceritakan sesi curhat. Gimana sih curhat ala-ala anak kembar itu. Eh, atau itu curhat Eva-Evi aja. Huum, ternyata gitu ya mereka kalau lagi gosipin orang! Eh....
Ada satu kejadian yang bikin TwiVers ngakak. Jadi waktu itu, PakSut udah ngerasa gambar yang diambil udah oke. Tapi ada satu angle dari sudut Evi yang gak diambil. Kata PakSut sih tanpa angle itu pun udah terwakili semua gambarnya. Sebagai anak kembar yang berjiwa berperikeadilan, Evi gak terima dong. Evi protes minta diambil juga dari angle dia. Kata kameramen Dede ke PakSut, ya mau gimana lagi, namanya juga anak kembar, segala-segala mesti disamain. Bagian terakhir pengambilan gambar di bar ini Evi yang ngomong. Diulang-ulangnya warbiyasak! TwiVers agak bingung sih, perasaan udah bagus, tapi kok diulang terus. PakSut gak puas-puas, apa lagi ngerjain ini ya XD


Adegan di bar, kok mereka pada sibuk sendiri, katanya adegan curhat?

Hari beranjak sore, bener-bener deh waktu enggak kerasa, bergulir cepet banget. Udah masuk syuting scene baru. Setelah Eva sama Evi ganti baju, crew pindah tempat ke Radio Nyebelin yang masih satu manajemen dengan Route64. Adegan ini menceritakan Eva dan Evi diwawacarai oleh radio. Di sinilah TwiVers nemu pemandangan cling-cling. Yaitu ketemu penyiar radio yang ganteng dan baiknya paripurna. Pemeran penyiar radionya ini memang penyiar asli, namanya Adhesa Pasase. Dia ini selain penyiar, juga penyanyi dan penulis lagu. Yang bikin TwiVers kagum selain tampangnya yang keren, dia ini ramahnya juara! Padahal baru kenal, tapi langsung bisa akrab. Dan aktingnya yang natural malah bikin si kembar terpesona. Eva-Evi... wooy, fokus, woy! Eh, pas syuting itu PakSut dan kameraman juga gak ngomong cut-cut.... Ternyata mereka juga disinyalir sama-sama terkena Adhesa fever. Penyakit ngeliatin Adhesa dengan ekspresi bengong-bengong terpesona gitu. Hadeuuuh! Gitulah, mereka kelakuannya, harap dimaklumi.


Baca naskah dulu sebelum mulai syuting
Syuting bagian ini yang TwiVers harap diulang-ulang supaya puas ngeliatin Adhesa, malah cepet banget beresnya. TwiVers jadi dilema antara seneng syuting lancar, dan enggak rela ngeliat Adhesa pergi. Ending scene ini adalah part Eva yang ngomong sendiri. Sekali take, beres. Anehnya, Eva malah protes, dia minta diulang. Tapi PakSut dan kameramen keukeuh dengan pendirian gak usah take ulang. Eva pun mengalah setengah gak rela. Di mana-mana, mestinya seneng dong ya gak mesti ngulang-ngulang. Wanita aneh.


Bahagia banget Eva-Evi ini keliatannya pas syuting sama Adhesa


Ini nih Adhesa yang legendaris itu *dikira Rangga*
Selepas itu, semuanya break kedua bentar. Rehat sambil ngopi-ngopi. Baru deh lanjut ke scene terakhir. Scene ini settingnya di kamar, ceritanya Eva dan Evi cek-cok soal baju. Seperti biasa, sebelum beneran di-take. Eva sama Evi latihan dulu dengan pengarahan dari PakSut. Setelah dua kali take, syuting buat episode perdana dinyatakan selesai. Luueegaaaa bangeet. Senengnya berlipat karena abis itu ngeliat makan malam udah terhidang. Serbuuuu!


Scene terakhir, yeaay!
Abis baca Twin Hunt behind the scene, Twinners jadi pada penasaran sama videonya, kan? Video Twin Hunt sudah bisa kalian tonton di-youtube. 


Evi-Teh Besti bagian artistik-Eva

Yuk tonton dulu videonya:



GIVEAWAY
Serunya lagi, ada giveaway berhadiah gadget dari Smartfren dan AuraBatik. Simak cara ikutannya:
1. Follow akun twitter @Smartfrenworld @Aurabatik dan @TwiVers
2. Twitkan info giveaway dengan menyertakan tagar #TwinHunt dan banner giveaway dengan menandai 3 akun tadi.
3. Tonton video Twin Hunt episode 1 di youtube channel Twins Universe http://bit.ly/TwinHuntEps1
4. Beri komentar di video Twin Hunt di youtube-nya ya. Bukan komentar di postingan ini ^_^ Komentarnya bebas kok.
5. Giveaway ini berlangsung dari tanggal 19 Mei - 2 Juni 2016.
6. Pemenang pertama mendapat Andromax Es, pemenang kedua mendapat baju batik, 2 pemenang mendapat masing-masing paket buku.
7. Akan dipilih 4 komentator beruntung untuk mendapat hadiah.
8. Pengumuman pemenang 5 Juni 2016 di media sosial TwiVers.
TwiVers tunggu partisipasimu 



eva sri rahayu

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

6 komentar:

  1. Kelihatannya seru bangeeeeettt.....
    penasaran hasilnya. terutama yang Adhesa Fever itu. hihihi

    BalasHapus
  2. ini behind-nya pake script nggak?

    BalasHapus
  3. Kemana-mana ada temen, seruuu 😀

    BalasHapus
  4. mantap ya bisa shooting, wah penasaran deh

    BalasHapus
  5. Konsep ceritanya udah bagus+menarik banget. Walaupun pemain utamanya baru pertama lihat tapi langsung suka sama "twint hunt" yg satu ini! Suka.....

    BalasHapus
  6. Hi Kak, komen yang ini ngga papa ya? Karena so far ini artikel favoritku, kalo yang ini aku sukaaa bgt project kalian sebagai anak kembar, sebenernya lebih tau dulu videonya daripada post ini, unik, lucu, ngakak iya, terus kayanya dulu pernah baca yang kak Eva dan Evi pake blouse kalau ngga salah, dari siapa gitu karena lemari kalian berdua katanya nggak ada isinya eeeh :D baru deh baca BTSnya

    @umimarfa

    BalasHapus